10 TEMPAT WISATA KEREN DI JOGJA

By Unknown - 22.39

10 TEMPAT WISATA KEREN DI JOGJA

Apa yang terdapat dalam pikiran kamu tentang "Yogyakarta"? Yap, kalo ngomongin kota ini jangan ditanya lagi, sungguh banyak keunikan-keunikan dan daya tariknya yang sepertinya ga habis habis! Selama 3 tahun belakang ini banyak sekali wisata-wisata lama yang diperbaharui dan muncul sebagai wisata baru yang nge-hits di kalangan anak muda Jogja maupun wisatawan yang berkunjung kesana. Sudah beberapa kali mengunjungi Jogja, sampai sekarang belum pernah bosan untuk terus meng-explore wisata-wisatanya. Untuk memudahkan kalian yang mau berlibur ke Jogja, berikut 10 tempat wisata di Jogja yang keren dan ada beberapa wisata baru disana yang lagi nge-hits versiku yang wajib kalian kunjungi ;)

1. Kalibiru

Kalibiru
Kalibiru (Sumber)
Wisata ini bisa dibilang baru nge-hits di Jogja. Letaknya ada di Kalibiru, Kulon Progo yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Di Kalibiru ini terdapat tempat wisata Kalibiru yang letaknya ada di atas Waduk Sermo, memang lokasinya di puncak dan jalanannya pun cukup menegangkan (apalagi pake mobil), tapi pemandangan disini mengalahkan rasa lelah tadi. Harga tiket masuk disini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 10.000/kepala, tapi dari pintu masuk itu kita harus treking sekitar 500 meter menuju puncak. Di puncak ini ada pohon yang sering dijadikan tempat untuk narsis dengan background Waduk Sermo, cukup bayar Rp 10.000 udah bisa berpose kaya foto diatas hehe tapi inget jangan lama-lama, karena masih banyak yang nunggu dibawah :D

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Nglanggeran
Gunung Nglanggeran (Sumber)
Gunung Nglanggeran ini terdapat di daerah Gunung Kidul. Letaknya 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Gunung ini merupakan gunung api purba yang di budayakan lagi dan dirawat sehingga menjadi kawasan ekowisata. Gunung ini tidak seperti gunung-gunung lainnya yang harus didaki berjam-jam dan melewati hutan-hutan rimba. Gunung ini sudah dikelola dengan baik, sehingga fasilitas di gunung ini sudah lengkap, di setiap pos pemberhentian ada gazebo untuk beristirahat dan banyak terdapat petunjuk arah sehingga meminimalisir kemungkinan tersesat. Harga tiket masuknya cukup murah, yaitu Rp 10.000/orang. Dan lama perjalanan sampai puncak dari gerbang tiket yaitu sekitar 1,5 jam, tapi pemandangan diatas sangat cantik! kalo cuaca cerah, garis laut di selatan Jogja bisa terlihat disini. Waktu yang pas untuk mengunjungi Gunung Nglanggeran ini yaitu di saat petang hari, jadi kita bisa menikmati sunset di puncak gunung ini.

3. Goa Pindul

Goa Pindul
Goa Pindul (Sumber)
Goa ini terletak di Desa Bejiharjo, Gunung Kidul Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, hanya dibutuhkan sekitar 45 menit perjalanan sampai menuju Goa Pindul ini. Aktivitas yang bisa dilakukan disini yaitu Cave Tubing, yaitu menyusuri goa selama kurang lebih 15 menit. Harga untuk menjelajah goa ini yaitu Rp 35.000 sudah termasuk life jakcet, ban pelampung, dan guide. Tapi hati-hati banyak loket tiket palsu sepanjang jalan menuju goa, lebih baik teruskan perjalanan sampai tempat parkir yang berada di depan loket tiket. Waktu yang cocok untuk ke Goa Pindul ini yaitu saat low season, karena saat liburan atau high season, goa ini akan dipenuhi manusia, alhasil kita tidak bisa menikmatinya :)

4. Pantai Wedi Ombo

Kolam Alami di Wedi Ombo
Kolam Alami di Wedi Ombo (Sumber)
Pantai Wedi Ombo terletak di deretan pantai-pantai selatan Jogja, tepatnya di daerah Gunung Kidul. Pantai Wedi Ombo ini terletak di deretan pantai paling ujung di selatan Gunung Kidul. Butuh sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai pantai ini. Tapi, perjalanan panjang itu bakal terbayar oleh keindahan pantai ini, yang menurut saya suasananya mirip dengan pantai-pantai di Lombok. Masuk ke pantai ini kita hanya bayar Rp 3.000/orang dan bayar parkir aja. Istimewanya dari pantai ini yaitu adanya kolam alami di pinggir pantai! Untuk menuju kolam alami ini yaitu jalan ke arah barat sekitar 1 km, nanti setelah banyak karang-karang kalian akan menemukan kolam tersebut. Tapi hati-hati berenang di kolam itu, karena banyak bulu babinya (saya salah satu korbannya hiks).

5. Merapi Volcano Tour

Gunung Merapi
Gunung Merapi (Sumber)
Setelah meletusnya Gunung Merapi, gunung ini mulai dikenal oleh wisatawan. Bukan hanya karena keindahan alamnya, tetapi juga hasil letusannya yang meluluhlantakan daerah sekitarnya sehingga banyak orang yang penasaran bagaimana keganasan Gunung Merapi ini. Sekarang, banyak sekali tour travel yang menyediakan tour ke Merapi ini, biasanya harganya sekitar Rp 350.000/jeep dan 1 jeep bisa diisi oleh 3-4 orang. Tour ini lamanya sekitar 1,5 jam, mengelilingi Gunung Merapi dan singgah di bekas-bekas rumah yang menjadi korban letusan Gunung Merapi, bahkan pada paket tertentu kita bisa diajak ke rumah Mbah Maridjan yang dulunya disebut-sebut menjadi kuncen gunung tersebut.

6. Bukit Parang Endog

Sunset di Parang Endog
Sunset di Parang Endog (Sumber)
Bukit Parang Endog ini terletak di daerah Parang Tritis, yaitu 1 jam perjalanan dari Jogja. Sebenarnya bagi kalian yang udah pernah coba paragliding di Parang Tritis, bukit ini yang menjadi lokasi terbang paragliding. Tapi sekarang banyak anak muda Jogja dan juga wisatawan yang berkunjung kesini untuk menikmati sunset, karena sunset disini begitu memukau, kita bisa melihat hamparan laut dan daratan dari atas dengan background sunset seperti foto diatas. Yakin gamau bawa pasanganmu kesini? Buat yang jomblo siapa tau dapet pasangannya disini :D

7. Bukit Punthuk Setumbu

 
Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu (Sumber)

Bukit Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu. Dari tempat ini wisatawan juga bisa melihat megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang terselimuti kabut. Wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Borobudur saat sunrise harus tiba di tempat ini sebelum jam 5. Dari parkiran yang ada di kaki bukit, wisatawan harus trekking sekitar 15 menit untuk mencapai puncak. Bagi yang tidak kuat trekking hingga puncak, tak jauh dari tempat parkir terdapat gazebo di mana wisatawan sudah bisa menyaksikan Borobudur dari kejauhan. Lokasi ini dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dari Jogja. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan sunrise dari Bukit Punthuk Setumbu wajib membayar retribusi sebesar Rp 15.000 / orang. *sebenarnya lokasi Punthuk Setumbu ini ada di Magelang, tetapi karena jangkauannya dekat dengan Jogja, saya masukin listnya :D

8. Taman Sari

Taman Sari
Taman Sari (Sumber)
Satu dari sekian banyak tempat wisata sejarah yang ada di Yogyakarta adalah Istana Air Taman Sari Yogyakarta yang terletak di Jalan Taman, Yogyakarta. Taman Sari terletak sangat dekat dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit dari alun-alun utara keraton. Tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan sekaligus sebagai benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Sekarang, Istana Air Taman Sari merupakan salah satu cagar budaya di Yogyakarta yang telah menjadi tempat wisata populer di kota ini. Harga tiket masuk ke Istana Air Tamansari cukup terjangkau, untuk sekali masuk  dikenakan tiket Rp. 5.000,- belum termasuk parkir kendaraan melalui pintu depan. Hati-hati banyak guide disini yang memaksa, be aware! :)

9. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro
Jalan Malioboro (Sumber)

Inilah jalan di Jogja yang menjadi salah satu pilihan favorit para penikmat perjalanan untuk menghabiskan waktu di Jogja. Di sepanjang jalan Malioboro, Anda dapat berbelanja ria dan mendapatkan salah satu barang unik khas Jogja. Jika suka, Anda bahkan dapat menyusuri toko-toko yang ada di pasar Beringharjo saat siang hari. Kawasan Malioboro ini adalah salah satu tujuan wisata belanja Jogjakarta yang terkenal. Banyak sekali toko-toko dipinggir jalan yang menjual souvenir-souvenir khas Jogja, harganya pun murah dan masih bisa ditawar hehe. Konon katanya, Jalan Malioboro ini awalnya digunakan sebagai rute upacara dan membentuk sebuah garis lurus jika ditarik dari Keraton Yogyakarta ke Gunung Merapi. Keren bukan?! ;)

10. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan (Sumber)

Inilah candi Hindu terbesar di kawasan Asia Tenggara, berketinggian 47 meter dan telah dinyatakan sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO. Inilah pula candi Hindu paling megah yang ada di Indonesia. Candi Prambanan ini terletak di perbatasan antara 2 provinsi, yakni Jogjakarta dan Jawa Tengah. Objek wisata Jogja ini memiliki panorama yang memikat apalagi ketika matahari mulai tenggelam, saat itulah waktu paling tepat untuk mengabadikan momen disini. Dari dekat, Anda dapat menyaksikan pemandangan arsitektur dan desain candi yang begitu indah. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar